Selasa, Oktober 02, 2007

Definisi Perencanaan Keuangan Pribadi atau Keluarga

00000001 :) happy
00000002 :( sad
00000003 ;) winking
00000004 :D big grin
00000005 ;;) batting eyelashes
00000006 ):D( big hug
00000007 :-/ confused
00000008 :x love struck
00000009 :") blushing
00000010 :P tongue
00000011 :-* kiss
00000012 =(( broken heart
00000013 :-O surprise
00000014 X( angry
00000015 :] smug
00000016 B-) cool
00000017 :-S worried

Perencanaan Keuangan Pribadi atau Keluarga adalah cara mencapai tujuan keuangan seseorang atau keluarga melalui proses manajemen keuangan. Tujuan itu secara umum sbg berikut :

  1. Proteksi (insurance planning)
  2. Investasi dan tabungan (investment planning)
  3. Pensiun (retirement planning)
  4. Pendidikan (education planning)
  5. Pajak Penghasilan (income tax planning)
  6. Warisan (estate planning)
Perencanaan diperlukan agar kita dapat mencapai tujuan keuangan secara menyeluruh dan mencakup seluruh siklus kehidupan kita, dari sekarang hingga akhir nanti. Tanpa perencanaan yang benar dan matang, bisa terjadi kekacauan dalam keuangan kita. Hal ini juga membutuhkan disiplin dan kontrol yang tepat. Untuk itu, kita mempelajari ilmu perencanaan keuangan pribadi dan mempraktekkannya dalam perencanaan keuangan kita sendiri.Perencanaan Keuangan secara definisi menurut Certified Financial Planner, Board of Standards, Inc. adalah proses mencapai tujuan hidup seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana. Tujuan hidup dapat termasuk membeli rumah, menabung untuk pendidikan anak atau merencanakan pensiun.1

Sumber yang lain menyebutkan bahwa personal financial planning atau perencanaan keuangan pribadi adalah mengembangkan dan mengimplementasikan secara total dan terkoordinasi perencanaan seseorang untuk mencapai tujuan keuangannya secara menyeluruh. Elemen terpenting dari konsep ini adalah mengembangkan perencanaan yang terkoodirnasi untuk seluruh kebutuhan keuangan seseorang berdasarkan tujuan keuangan total mereka.2 Ini merupakan definisi perencanaan keuangan untuk pribadi/keluarga. Sedangkan definisi perencanaan keuangan untuk bisnis berbeda lagi. Tapi intinya sama, ada pengaturan dan ada tujuan. Disini hanya dibahas perencanaan keuangan untuk pribadi/keluarga.

Definisi ini diperlukan supaya kita paham arti perencanaan keuangan pribadi/keluarga, tahu apa yang akan dilakukan dan tahu apa tujuannya.

Ada beberapa orang yang berpendapat, perencanaan itu tidak diperlukan, hidup seperti air yang mengalir. Menurut pendapat saya, hal itu merupakan hal yang salah, karena manusia diberi kemampuan untuk merencanakan, bukan hidup sebagaimana adanya. Tanpa kita sadari, dalam sehari - hari, kita sudah melakukan perencanaan kecil kecilan, seperti besok weekend saya akan pergi jalan - jalan. Se-spontan spontan-nya orang melakukan sesuatu, tetap saja ada unsur rencana didalamnya, misalnya dia mendadak ingin ke Bandung, pergi kesana dengan siapa, naik apa, dstnya. Dalam skala besar, kita bisa lihat kota - kota yang dibangun oleh manusia, banyak sekali unsur perencanaan didalamnya. Tanpa perencanaan yang matang, apa jadinya kota - kota itu? Kota yang tanpa perencanaan matang, akan menjadi kacau dan tidak menyenangkan untuk ditinggalin dan walikotanya tidak akan lagi dipilih di pemilihan berikutnya, itu kalau penduduknya belum pindah semua hehehe :))
. Demikian juga untuk keuangan, kehidupan ini. Mungkin sekarang belum terasa akibat hidup tanpa perencanaan, tapi bila saatnya tiba? Uang masuk sekolah baru, mendadak sakit, dstnya.

Perencanaan dibuat untuk mengantipasi hampir semua kemungkinan yang terjadi. Memang ada kemungkinan terburuk terjadi, tapi paling tidak kita sudah punya rencana, sehingga katakan 70-80% sudah tercakup, daripada tidak ada sama sekali?

Kembali ke perencanaan keuangan, perencanaan keuangan bisa dibagi menjadi
  1. Perencanaan keuangan secara menyeluruh (comprehensive financial planning)
  2. Perencanaan keuangan akan kebutuhan khusus atau tertentu (special need planning)
Perbedaannya ini hanya yang satu mencakup keseluruhan sedangkan yang satu hanya fokus pada satu atau dua kebutuhan.2

Umumnya atau kebanyakan orang orang yang merencanakan sendiri atau meminta perencanaan keuangan ke konsultan perencana keuangan pribadi, hanya untuk satu atau dua kebutuhan. Tentu saja lebih baik kita melakukan perencanaan keuangan secara menyeluruh, mencakup semua kebutuhan kita. Karena perencanaan yg baik harus mencakup keseluruhan aspek - aspek(tujuan) penting.

Perencanaan keuangan secara menyeluruh itu mencakup aspek - aspek (tujuan) penting sebagai berikut:2
  1. Proteksi (insurance planning)
  2. Investasi dan tabungan (investment planning)
  3. Pensiun (retirement planning)
  4. Pendidikan (education planning)
  5. Pajak Penghasilan (income tax planning)
  6. Warisan (estate planning)
Keenam aspek/tujuan itu akan dibahas lebih mendalam dalam topik selanjutnya. Tujuan - tujuan itu bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan tiap orang(yang pasti berbeda2)

Perencanaan itu juga harus flexibel, menyesuaikan menurut situasi dan kondisi dan harus selalu dimonitoring. Apabila kita sudah mempunyai perencanaan keuangan secara menyeluruh, paling tidak kita sudah memiliki gambaran secara keseluruhan. Apabila terjadi perubahan perubahan, paling tidak kita tahu apa efek perubahan itu terhadap rencana secara keseluruhan. Bila tidak menpunyai perencanaan keuangan secara menyeluruh, susah(bukan tidak bisa) untuk mengetahui efek perubahan itu dan penyesuaian apa yang harus dilakukan. Monitoring diperlukan untuk mengetahui seberapa tepat perencanaan kita dan perbaikan apa yang diperlukan, bila ada. Monitoring tidak dilakukan tiap saat atau tiap detik, monitoring dilakukan pada saat tertentu saja, seperti akhir tahun, tiap bulan tergantung apa yang akan di monitoring.

Sumber/Reference:
1. http://www.cfp.net/learn/knowledgebase.asp?id=1
2. Modul 1, Dasar - Dasar Perencanaan Keuangan (Foundations of Financial Planning), Diploma Financial Planning (DFP), Universitas Bina Nusantara & Financial Planning Association Indonesia (FPAI)

1 komentar:

Kaspri mengatakan...

Software Keuangan Pribadi (Windows) - untuk mencatat buku kas, bank, anggaran, Kartu kredit,hutang/piutang. Tersedia tools keuangan yang sangat membantu mengambil keputusan pinjaman. Dilengkapi untuk arsip mutasi kikbca.com

Bisa sebagai freeuser - gratis tanpa kuatir batas waktu dan limit record.

Info & download: http://kaspri.blogspot.com
info